Juli 23, 2008

Tutorial MapInfo - Workspace dan Query

Pendahuluan

Workspace adalah ruang kerja untuk melakukan pemanipulasiaan terhadap gambar peta dengan datanya, hal ini diaplikasikan dalam bentuk suatu file yang dikenal yang telah dibahas pada bab V (bentuk file table). Untuk bekerja pada file yang dimaksud, maka harus menjalankan software SIG (MapInfo) seperti pada gambar berikut :

Selanjutnya diarahkan ke posisi Open a Workspace, jika seandainya telah tersimpan sebelumnya suatu peta dan data dalam directory. Atau dapat diarahkan pada Open a Table untuk memilih-milih layer-layer apa saja yang dibutuhkan untuk ditampilkan.

Pengertian Tabel

Untuk bekerja pada MapInfo umumnya harus dimulai dengan membuka tabel. Table-tabel ini berisi unformasi yang telah disiapkan sebelumnya. Tabel yang memeiliki objek grafis dapat ditampilkan pada Window. Window-window tersebut adalah tampilan window peta tampilan window browser, dan tampilan window grafik.

Jika tabel yang dibuka tidak memiliki objek grafis, maka tampilan yang akan terlihat hanya berupa window browser. Untuk memasukkannya ke dalam window peta digunakan proses digitasi untuk selanjutnya di Geocode.

Walaupun tabel pada MapInfo terdiri atas dua atau lebih komponen file (status.tab, status.dat, status.ma , dll.), hanya file *.tab saja yang akan dimunculkan pada box File Name dari Open Table Dialog.

MapInfo memberikan pengontrolan tampilan tabel, dengan menggunakan Preffered View list Box pada Tabel Open Dialog, sehingga dapat ditampilkan spesifikasi yang dibutuhkan seperti berikut :

· Automatic : MapInfo memilih tampilan yang paling efektif. Jika data dalam bentuk peta (seperti objek grafik yang dilampirkan pada data) contoh MapInfo membuka Table pada Map Window. Jika Map Window telah ditampilkan dan Table yang akan ditampilkan telah dipetakan, MapInfor secara otomatis akan membuka table pada MapInfo yang dimaksud. Jika data tidak dalam bentuk peta, MapInfo akan mencoba membuka table pada browser window . Jika table tidak dapat dipetakan dan dibrowser, MapInfo akan membuka tabel dengan menggunakan No View Option.

· Browser : MapInfo akan membuka table pada browser window tersebut.

· Current Mapper : MapInfo menambahkan data pada current map window tersebut.

· New Mapper : MapInfo membuka table menggunakan new Map windows.

· No View : MapInfo embuka table, tapi tidak ada data yang ditampilkan.

Dapat dilihat pada gambar berikut :

Tanpa memperhatikan bentuk data, dari lima referensi pilihan tampilan hanya Automatic dan No View akan bekerja pada table. MapInfo akan membuka table menurut spesifikasi melalui browser, Current mapper, dan New Mapper. Jika tidak, table akan dibuka menurut aturan berikut :

· Jika Current Mapper dipilih, dan tidak ada Map Window yang ditampilkan, MapInfo akan mencoba membuka table melalui new Map window

· Jika Current Mapper atau New Mapper dipilih dan data tidak berbentuk peta, MapInfo akan mencoba membuka table melalui Browser Window.

· Jika table tidak dapat dipetakan atau dibrowser, MapInfo akan membuka table menggunakan No View Option.


Menampilkan Informasi Data

Untuk menampilkan suatu informasi tentang lokasi pada peta kerja nantinya, maka dapat menggunakan tombol info pada papan tombol utama, yang dapat dengan mudah menampilkan informasi yang dibutuhkan. Klik Info pada papan tombol utama, pindahkan kursor pada titik atau daerah yang dikehendaki pada peta kerja, sesaat kemudian akan tampil pada layar bawah informasi yang tersedia. Jika dilakukan klik lokasi yang memiliki lebih dari satu tabel, pada jendela info akan terdapat urutan tabel yang tersedia. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dari peta tabel tersebut, maka dilakukan klik pada nama tabel yang dipilih dan seluruh data pada tabel yang dimaksud akan segera ditampilkan.

Menutup Tabel

Untuk menutup tabel-tabel yang sedang aktif, pilih perintah tutup (Close) pada menu file. Tersedi pula dua pilihan perintah tutup, yaitu menutup seluruh tabel kerja klik perintah Close All. Layar akan bersih kembali dan siap untuk membuat peta kerja yang baru. Perintah Close Table , yang digunakan pada saat ditutup satu tabel yang sedang aktif dan tetap bekerja pada peta kerja semula.

Perintah tutup tabel ini berbeda dengan perintah tutup window. Dengan menutup window sebuah tabel tidak berarti menutup sebuah tabel. Tabel tetap disimpan pada peta kerja (directory) yang sewaktu-waktu dapat dipanggil kembali. Menutup tabel berarti menutup tabel dari peta kerja dan tidak diikut sertakan dalam susunan tabel kerja sementara.

Mencetak

Pada saat dianggap perlu mencetak hasil yang telah dikerjakan, perintah print pada menu file segera mencetak tayangan yang diinginkan. Gunakan Print Setup untuk mengubah tata letak dan kualitas hasil kerja.

Query

Query adalah kata lain untuk pertanyaan. Dalam pengertian seleksi, dapat dimiliki tabel informasi dan menanyakan MapInfo untuk memilih susunan data dari tabel tersebut, berikut contohnya :

· Operator dapat mengetahui nama-nama kota yang ada di Indonesia
· Opearator dapat mengetahui nama-nama Kodya dan lokasinya
· Operator dapat mengetahui seluruh nama-nama kota yang ada di Propinsi tertentu di Indonesia
· Dan informasi yang lainya.

Perintah Select

Perintah Select memberi kesempatan untuk mengubah susunan sebuah tabel. Select juga memberi kesempatan untuk memilih data serta objek-objek dari tabel berdasarkan atributnya. Kemudian dapat digunakan untuk memilih objek yang berada di window peta kerja atau window browser yang memnuhi kriteri tertentu (query). Juga dapat dibuat tabel baru yang dapat dilihat-lihat, peta atau grafik seperti tabel lainnya.

Contohnya dengan merumuskan pertanyaan dalam dialog Select, dapat digunakan perintah dalam MapInfo untuk :

· Mencari informasi tentang kota mana saja yang termasuk dalam Class 1
· Mencari Informasi data-data kelurahan, kecamatan, kabupaten dan lain-lain
· Ingin diketahui nama-nama seluruh kecamatan yang ada di salah satu kabupaten.

Apabila bekerja dengan menggunakan window browser , MapInfo menyorot data-data yang memenuhi kriteria yang telah dipilih. Apabila diguakan window peta kerja, objek grafis dari data yang dipilih akan disorot.

Jiak digunakan keduanya, objek grafis dan data dalam window tabel browser tersebut akan disorot. Di setiap kasus, MapInfo secara otomatis membuat tabel sementara yang disebut selection yang berisi hasil dari pertanyaan tersebut.

Juga dapat melihat-lihat, emmbuat peta atau membuat grafik dari tabel tersebut seperti halnya dengan tabel-tabel lain. Tabel tersebut juag dapat disimpan sebagai tabel yang terpisah dengan menggunakan Save Copy As.

· Untuk melaksanakan Select Query, harus dibuat suatu pertanyaan. Expression adalah suatu pertanyaan logis yang digunakan untuk menanyakan pertanyaan tersebut. Contohnya , ingin diketahui nama-nama kota yang ada di salah satu kabupaten. Cara penulisannya adalah “ Kota.obj within Kabupaten.obj And Kabupaten.Kabupaten_Name = “Kod. Bandung”.

MapInfo akan mencari tabel Kota untuk seluruh data agar memnuhi kondisi tesebut dan menyimpan data dalam tabel sementara yang dapat dilihat-lihat. Juga dapat dilakukan fungsi matematik pada tabel tersebut. Contohnya, diinginkan membuat tabel sementara dari seluruh Nama Kabupaten yang ada di Jawa Barat. Dapat digunakan pertanyaan :

· Pertama kali tentukan Select tabelnya = Map_Jabar (misal) dan tentukan field Kab_No , kemudian tentukan ekspresinya sebagai berikut : Kab_No >= 1

Terdapat dua cara untuk membuat ekspresi. Metode pertama yaitu, mengetik pernyataan yang sangat sederhana, metode ini biasanya lebih cepat. Metode kedua yaitu menekan tombol Asssist dalam dialog Select dan membuat pernyataan dengan menggunakan bantuan menu pada Expression Dialog. Metode ini berguna khususnya, apabila ingin membuat pernyataan yang sangat rumit.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Maaf ya mas, tolong lengkapi dengan gambar, atau buat format file ke pdf,
en saya mau nanya gimana koneksi mapinfo ke delphi, en kalu bisa kirimin ya ke yoko_koe@yahoo.com.
thanxs

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak informasinya semoga bermanfaat, untuk saran postingannya akan mudah dipahamai jika disertai dengan contoh gambar

Kunjungi website saya ya http://korneliusputra.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
Website kampus saya http://www.atmaluhur.ac.id