Juli 15, 2008

Karakteristik Layanan UMTS

UMTS mempunyai aplikasi yang sangat luas, dimana aplikasi-aplikasi yang dimiliki UMTS telah dikelompokkan menjadi empat kelas QoS. Layanan-layanan yang ditawarkan oleh UMTS memiliki jenis trafik yang berbeda-beda. Ada dua macam jenis trafik dalam suatu sistem komunikasi, yaitu:

a) Simetri
Pada trafik simetri ini laju data dari jaringan ke pengguna sama dengan laju
data dari pengguna ke jaringan. Karena besar dari laju data dari jaringan ke
pengguna maupun sebaliknya besarnya sama maka faktor asimetrik dari trafik
ini besarnya selalu bernilai 1 tidak bergantung pada besar laju data channel
uplink dan downlink.

b) Asimetri
Pada trafik asimetri ini laju data dari jaringan ke pengguna tidak sama dengan laju data dari pengguna ke jaringan. Karena itu besar dari faktor asimetri tergantung dari laju data uplink dan downlink. Dimana besar dari faktor asimetri dapat dihitung dengan persamaan

Faktor asimetri = Downlink Channel Data Rate - Uplink Channel Data Rate

Selain ada perbedaan dari jenis trafik, perbedaan juga terdapat pada mode switch yang digunakan. Mode switch ini merupakan suatu cara bagaimana sebaiknya suatu data ditransmisikan. Terdapat dua mode switch yang digunakan dalam layanan UMTS, yaitu:

a) Circuit Switching
Dalam suatu jaringan terdapat interkoneksi kumpulan dari node-node. Nodenode tersebut akan menjadi suatu penghubung antara stasiun sumber menuju stasiun tujuan. Dalam circuit switching sebelum data ditransmisikan, maka jalur transmisi sudah ditetapkan terlebih dahulu. Sehingga waktu pentransmisian data dari awal hingga akhir hanya menggunakan satu jalur tetap yang sudah ditentukan sebelumnya.

b) Packet Switching
Dalam packet switching, sebelum data ditransmisikan maka data-data tersebut akan dipecah-pecah menjadi paket-paket yang berukuran kecil. Paket-paket kecil data tersebut dilengkapi header tertentu yang menunjukkan urutan dari paket data tersebut. Sesudah dipecah paket-paket data akan ditransmisikan melalui node-node. Petransmisian paker-paket data tidak seperti halnya circuit switching yang hanya melewati satu jalur saja, tetapi petransmisian data tersebut melewati beberapa jalur yang ada dan jalur yang dilewati paket-paket data itu tidak ditentukan sebelumnya, sehingga urutan paket-paket data yang tiba di tujuan boleh jadi tidak sesuai urutan sebenarnya. Karakteristik dari layanan-layanan UMTS dapat dikelompokkan menjadi enam
jenis layanan utama, yang akan dijabarkan berikut ini:

a) Speech (S)
Layanan ini merupakan layanan yang paling utama dalam sebuah sistem komunikasi, yaitu merupakan layanan suara seorang pelanggan ke seorang pelanggan lain. Dalam layanan ini juga dimungkinkan seorang pelanggan berbicara ke banyak pelanggan, yang sering dikenal dengan nama teleconferencing. Selain itu kotak suara (voice mail) juga termasuk ke dalam karakteristik layanan ini. Kotak suara adalah layanan pesan dalam bentuk suara yang disampaikan kepada seorang pelanggan yang bersangkutan. Inti
dari layanan ini adalah penyampaian sinyal suara dari seorang pelanggan ke pelanggan lainnya.

b) Simple Messaging (SM)
Layanan ini merupakan layanan pengiriman pesan berupa teks dari seorang pelanggan ke seorang atau ke banyak pelanggan lainnya. Contoh yang paling populer dari layanan ini adalah short message service (SMS). Contoh lainnya adalah pengiriman dan penerimaan email, dimana pesan yang berupa pesan elektronik dikirimkan ke pelanggan lainnya via internet. Aplikasi lainnya adalah simple e-commerce, dimana mungkin terjadi transaksi pemesanan atau pembayaran terhadap suatu produk tertentu yang dilakukan via internet.

c) Switched data (SD)
Layanan ini merupakan layanan akses dial up LAN dengan kecepatan yang rendah, termasuk juga akses ke internet dan intranet dan juga faksimile. Inti layanan ini adalah menswitch data-data yang sederhana, tidak termasuk data multimedia dengan grafik yang tinggi yang otomatis membutuhkan laju data yang tinggi pula

d) Medium multimedia (MMM)
Layanan ini juga merupakan layanan akses LAN dan juga akses intranet maupun internet, tetapi dengan aplikasi multimedia, contohnya adalah shopping via internet dan e-banking yaitu transaksi bank via internet.

e) High multimedia (HMM)
Layanan ini merupakan aplikasi layanan akses LAN, intranet, internet dengan kecepatan yang tinggi. Layanan ini tergolong layanan multimedia dengan grafik yang tinggi, contohnya adalah penayangan video dan audio clip.

f) High interactive multimedia (HIMM)
Layanan ini merupakan layanan transfer data dengan kecepatan tinggi dan memerlukan hubungan yang kontinyu secara simultan. Layanan ini sangat peka terhadap delay sehingga harus diusahakan hanya terjadi delay seminimal mungkin. Apabila delay sudah melebihi dari batas ambang yang dapat ditoleransi maka komunikasi yang terjadi akan mengalami gangguan. Layanan ini melibatkan data audio maupun video. Contoh aplikasi dari layanan ini adalah video telephony dan video conferencing.

0 komentar: