Juli 15, 2008

Protokol UTRAN

Struktur protokol UTRAN dibagi menjadi dua lapisan, yaitu:

a) Radio Network Layer (RNL)
b) Transport Network Layer (TNL)

Isolasi ini dimaksudkan untuk membedakan fungsi-fungsi protokol yang spesifik dalam suatu protokol UTRAN. Didalam RNL maupun TNL masih akan terjadi lagi pembagian protokol-protokol untuk kepentingan yang lebih spesifik. Didalam protokol UTRAN menggunakan teknologi transportasi berbasis Asynchronous Transfer Mode (ATM). Dengan berbasis pada penggunaan ATM dalam jaringan akses, UMTS membawa perbedaan yang cukup besar jika dibandingkan dengan paradigma circuit switching yang digunakan didalam sistem 2G.ATM merupakan suatu interface transfer paket-paket data yang efisien. ATM
menggunakan paket-paket dengan ukuran tertentu, yang biasa disebut dengan sel. Penggunaan ukuran dan format tertentu ini dimaksudkan agar dapat menghasikan skema yang efisien untuk pentransmisian data pada jaringan berkecepatan tinggi.
Pada suatu lingkungan yang campuran dimana jaringan yang berbasis IP diinterkoneksikan dengan jaringan ATM, maka untuk mengintegrasikan keduanya adalah dengan cara memetakan paket-paket IP menjadi sel-sel ATM. Satu paket IP disegmentasikan ke sejumlah sel-sel saat proses transmisi berlangsung dan akan
dilakukan assemble ulang frame dari sel-sel pada saat penerimaan. Dengan cara ini
maka mengijinkan penggunaan IP disepanjang ATM, maka seluruh infrastruktur IP yang ada bisa dipergunakan disepanjang jaringan ATM. Penggunaan ATM menyebabkan diperlukannya suatu lapisan adaptasi untuk mendukung protokolprotokol transfer informasi yang tidak berbasis pada ATM. ATM adaptation layer (AAL) akan memisahkan informasi dari pemakai AAL menjadi paket-paket berukuran 48 oktet untuk dapat disesuaikan menjadi sel ATM. Untuk keperluan ini maka terjadi pengumpulan bit-bit dari serangkaian deretan bit atau dengan kata lain mensegmentasikan frame menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Ada dua tipe informasi yang akan disampaikan via ATM, yaitu:

a) Informasi antara mobile station dengan jaringan dimana sinyal informasi dan trafik dari pengguna akan mengalir diantara mobile station dan access node dari core network. Node yang dimaksud disini adalah MSC jika terjadi komunikasi yang berhubugan dengan circuit switched domain atau SGSN jika komunikasi yang dimaksud menunjuk pada packet switched domain.

b) Pensinyalan UTRAN dimana dalam kategori ini akan membutuhkan protokolprotokol lain yaitu Node B Application Part (NBAP) yang menghubungkan antara node B dengan RNC, Radio Access Network Application Part (RANAP) yang menghubungkan antara RNC dengan core network, dan Radio Network Subsystem Application Part (RNSAP) yang menghubungkan antara RNC.

0 komentar: