Juli 14, 2008

Solusi Kegagalan Call dari Flexi ke GSM

Untuk mengatasi dan memperkecil terjadinya kegagaln call dari Flexi ke GSM, maka berdasarkan data dan analisa kondisi RF dan signaling maka solusi yang bisa diberikan antara lain :

1.Solusi untuk kondisi signaling
Jika dari hasil analisa dan monitoring system didapatkan kesalahan karena faktor pensinyalan, hal-hal yang harus dilakukan adalah :
Lihat bit informasi yang dikirim dari penyebab release dari pesan REL/RLC untuk cause value dan location.
Cek kondisi CIC yang digunakan, informasi CIC juga bisa dilihat dari pesan ISUP yang dikirim.
Cek OPC/DPC dari pesan ISUP untuk mengetahui dari arah mana pemutusan panggilan berasal.
Lakukan perbaikan kegagalan setelah informasi tersebut didapatkan.

2.Solusi untuk kondisi RF
Kegagalan karena faktor RF yang buruk merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap susksesnya suatu panggilan dari Flexi ke GSM. Karena dalam perjalanannya menuju MS tujuan, sinyal yang dikirim MS (calling party) harus melewati 3 sistem yaitu Flexi, Gateway, dan GSM. Kondisi RF yang buruk antara lain daya terima MS lemah, daya transmit MS tinggi, FFER dan Ec/Io yang buruk. Kondisi tersebut terjadi karena adanya wilayah yang tidak tercover oleh sel (blank spot) ataupun tidak adanya faktor dominan yang mempengaruhi MS (overlapping sel).

3.Solusi untuk mengatasi blankspot area
Blankspot area timbul karena daya pancar BTS rendah, radius sel kecil, adanya obstacle, dll.
Melakukan uptilting antena
Uptilting dilakukan untuk memperlebar radius sel sehingga blankspot area bisa terlingkupi.
Menaikkan daya pancar BTS
Dengan menaikkan daya pancar berarti akan memperluas daerah yang bisa dicakup, sehingga RF loss tidak terjadi.
Melakukan relokasi BTS
Relokasi bisa dilakukan jika daerah yang mengalami balankspot belum bisa dicover dengan melakukan uptilting, dan menaikan daya pancar atau karena banyaknya obstacle yang menghalangi penerimaan daya MS.

4.Solusi untuk mengatasi overlapping area
Overlaping selain terjadi karena letak 2 BTS yang berdekatan dan memiliki coverage yang tumpang tindih. Hal ini disebabkan karena radius sel masing-masing BTS terlalu luas akibat daya pancar yang terlalu tinggi. Untuk menghindari adanya overlaping area maka kedua sel yang overlap harus dipersempit coveragenya. Berdasarkan hasil perhitungan beamwidth untuk masing-masing area yang mengalami masalah diketahui beamwidth eksisting berada di bawah beamwidth yang seharusnya. Karena terbatasnya data maka solusi yang diberikan didasarkan pada teori yaitu :
Downtilting Antena
Salah satu penyebab overlap adalah radius sel yang berlebihan akibat beamwidth yang terlalu besar sehingga untuk mengatasinya dilakukan pengurangan besar beamwidthnya.
Penurunan daya pancar BTS
Daya pancar yang terlalu kuat akan mengakibatkan luas area layanan semakin lebar, sehingga untuk mengurangi area overlaping dilakukan penurunan daya pancar.
Melakukan relokasi BTS
Relokasi bisa dilakukan jika jarak 2 sel atau lebih yang mencover terlalu dekat.

0 komentar: